Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Jangan Anggap Remeh lebam dan Memar Tiba-tiba Pada Tubuh

Lebam dan Memar – Pernahkah kalian mengalami lebam atau memar yang tiba-tiba muncul di bagian tubuh? Mungkin banyak yang pernah mengalami termasuk seseorang yang saya sayangi. Lebam atau memar tanpa sebab ini memang akan hilang atau sembuh sendiri. Tetapi jangan anggap enteng ya (sayang) karena lebam ini muncul karena ada faktor penyebabnya. Tenang aja, lebam ini bukan karena dicubit atau dijilat hantu kok (seperti yang orang tua dulu bilang) dan bukan juga penyakit hemofilia seperti yang ditakutkan banyak orang.


Penyakit Hemofilia
Kita bahas sedikit ya tentang penyakit ini supaya bisa bedain kalo lebam yang tiba-tiba bukan pertanda adanya penyakit hemofilia. Hemofilia merupakan penyakit yang terjadi dimana cairan darah tidak mempunyai protein khusus sehingga pembekuan darah menjadi lambat. Menurut dr Ronald, penderita hemofilia pasti telah menyadari sejak awal karena penyakit ini merupakan penyakit genetik atau keturunan. Hemofilia tidak lagi lebam tetapi membengkak dan mengeluarkan darah.

Baca juga Penyakit Hemofilia Tidak Mengenal Ras

Lebam biasa muncul di Lengan dan Kaki

Lebam ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan HEMATOM. Lebam terjadi karena adanya penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Kondisi ini lebih sering terjadi pada cewek dan kadang timbul bersamaan dengan siklus menstruasi. Dalam hal ini lengan dan kaki yang sering terlihat penampakan lebam-lebam. Berikut hal-hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya hematom pada seseorang.

Faktor Umur
Umur seseorang alias faktor U menyebabkan darah mudah menggumpal. Semakin berumur, fungsi pembuluh darah ikut menurun. Lapisan kulit banyak kehilangan jaringan lemak yang berfungsi melindungi pembuluh dari benturan.

Benturan Tak Disadari dan Posisi Tidur
Pembuluh darah yang tipis mempercepat terjadinya lebam akibat benturan dan posisi tidur. Selain itu kekurangan trombosit juga ikut mempengaruhi sehingga aliran darah tidak lancer dan terjadi penggumpalan darah.

Stres dan Kelelahan
Biasanya jika kita kelelahan dan stress, aliran darah dalam pembuluh darah tidak mengalir dengan baik. Oleh karena itu kita juga sering merasa pegal-pegal. Bagi orang yang memiliki pembuluh darah tipis, darah yang tidak mengalir baik dan terjadi pembekuan maka akan cepat muncul lebam. Jika sudah begitu maka banyaklah istirahat dan refreshing sejenak.

Efek Obat
Seseorang yang sering meminum obat seperti aspirin akan mudah terjadi lebam karena obat tersebut memiliki efek samping. Memang obat tersebut berfungsi sebagai obat pengencer darah tetapi jika terjadi pendararahan pada pembuluh kapiler maka sulit dihentikan.

Agar kita bisa fresh dan mencegah terjadinya lebam dapat dimulai dari diri sendiri. Mulailah bangun pagi, lalu berolahraga agar terjadi aliran darah yang lancer di pembuluh darah. Selain itu, selalu berfikir positif agar terhindar dari stress dan beristrihatlah jika sudah mulai lelah, jangan pernah memaksakan tubuh.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jangan Anggap Remeh lebam dan Memar Tiba-tiba Pada Tubuh "

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI