Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Tips Mengidentifikasi Masalah Untuk Topik Penelitian

Masih ngshare hal-hal terkait penelitian nih sobat. Pantengin terus ya blog saya. Semoga apa yang dimuat dalam blog ini bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

Identifikasi Masalah – Sebelum melakukan sebuah riset atau penelitian, sobat harus terlebih dahulu menemukan permasalahan yang akan diangkat atau dibahas di dalam penelitian nantinya. Hal ini dikarenakan identifikasi masalah merupakan proses yang paling penting diantara proses yang lain. Permasalahan penelitian yang akan kita angkat menentukan kualitas dari penelitian yang kita lakukan. Masalah sebenarnnya dapat kita temui dengan melakukan studi literatur atau melihat langsung permasalahan yang ada di lapangan seperti melakukan survei, observasi atau yangn lainnya.

Baca juga Cara jitu Membuat Judul Penelitian Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi), Memahami Pendekatan Penelitian Dalam Menulis Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, dan Disertasi) 

Masalah penelitian terdapat hubungan antara satu variabel dengan variabel lain dalam suatu kejadian. Hal yang harus diingat adalah masalah penelitian merupakan masalah yang harus diidentifikasi dan dipecahkan dengan jawaban yang nyata dan didukung oleh literatur tentunya, bukan jawaban yang diada-adakan.

Sumber Masalah Penelitian
Tiga hal yang dapat dijadikan sumber masalah penelitian diantaranya yaitu
Masalah yang ada di dalam manusia itu sendiri

Banyak permasalahan yang muncul di sekitar manusia, namun kita juga harus hati-hati karena tidak semua permasalahan yang muncul dapat kita jadikan dalam masalah penelitian. Namun ada masalah dalam manusia yang dapat kita modifikasi untuk dijadikan masalah penelitian.

Sebagai contoh : petani selalu bermasalah dalam penyediaan bibit. Masalah ini bisa kita modifikasi menjadi “Mendeteksi Kerugian Petani Akibat Minimnya Penyedian Bibit Unggul.
Fenomena yang terjadi

Di sekitar kita terdapat banyak fenomena yang menarik untuk dijadikan masalah penelitian. Misalkan penerapan pertanian berkelanjutan dengan pupuk organik. Hal ini berkaitan dengan fenomena dimana untuk meningkatkan hasil pertanian namun tetap ramah lingkungan harus menggunakan pupuk organik. Dari hal ini kita sudah dapat membuat judul “Pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan dan serapan hara tanaman”.

Permasalahan pada teknik dan struktur kerja

Dari hal ini dapat kita ambil sebuah contoh dimana penerapan pupuk organik tidak diimbangi dengan penyuluhan terhadap petani. Nah ini juga sudah menjadi masalah, identifikasinya dapat kita kembangkan dengan apa saja yang masuk ke dalam pupuk organik, bagaimana cara mudah membuat pupuk sendiri. Hal ini tentunya harus kita buat list kerja untuk memberi penyuluhan kepada petani yang sesuai dalam penerapan pupuk organik.

Evaluasi masalah penelitian
Agar pemilihan masalah penelitian kita tepat, perlu adanya evaluasi masalah. Parameter yang dapat digunakan dalam mengevaluasi masalah yaitu :
  • Menarik, masalah yang dimunculkan harus menarik agar kita semangat dalam melakukan penelitian dengan serius
  • Bermanfaat, hasil penelitian yang kita lakukan harus memberikan manfaat pada tindakan masyarakat ke depan dalam meningkatkan pengetahuan.
  • Hal baru, hasil yang kita peroleh nantinya berisi solusi baru atau jika memodifikasi dari yang ada harus bersifat lebih mudah, murah, cepat dan lain-lain. Hal baru juga dapat berupa perbaikan dari system dan mekanisme hal yang telah ada.
  • Dapat diuji/diukur, variabel yang kita gunakan harus dapat diuji atau diukur secara ilmiah dengan parameter uji.
  • Dapat dilaksanakan, variabel penellitian yang diuji harus bisa dilaksanakan seuai dengan kemampuan si peneliti seperti mampu dalam hal dana, waktu, tenaga dan keahlian.
  • Tidak melanggar etika, pelaksanaan penelitian harus dilandasi dengan etika seperti tidak melanggar privasi, tidak mengarang atau menipu saat mengolah atau pengambilan data, dan sebagainya.
Baca juga Memahami Pendekatan Penelitian Dalam Menulis Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Cara jitu Membuat Judul Penelitian Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi)


0 Response to "Tips Mengidentifikasi Masalah Untuk Topik Penelitian "

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI