Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Cara jitu Membuat Judul Penelitian Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi)

Tips dan Trik – Ketemu lagi sobat. Kali ini saya mau share tentang tips dan trik jitu dalam menentukan judul suatu karya ilmiah. Walaupun judul penelitian lebih popular dibicarakan daripada topik penelitian tetapi sebenarnya topik penelitian merupakan hal yang paling penting di dahulukan. Penentuan judul penelitian pun harus menarik, jelas, dan biasanya ada penekanan kata – kata tentang batasan penelitian, metode serta variabel penelitian. 
 
Hal penting yang harus kita ketahui adalah mengetahui perbedaan antara topik dan judul penelitian. Di mana topik penelitian merupakan isi atau jiwa dari penelitian itu sendiri sedangkan judul penelitian hanyalah kulit atau hanya sebagian kecil dari topik penelitian. Definisi yang jelas antara topik dan judul penelitian harus kita pahami.

Definisi Topik dan Judul Penelitian

Topik penelitian merupakan pokok permasalahan penelitian. Judul penelitian merupakan suatu kalimat singkat dan padat yang menggambarkan penelitian. Oleh karena itu jika topik penelitian sudah diketahui, untuk judul penelitian sebenarnya sudah bisa ditentukan. Pembuatan judul penelitian sebenarnya masuk ke dalam urutan kesekian pada tahapan penelitian.

Namun pada kenyataannya sering sekali kita lihat bahwa rekan mahasiswa lebih sibuk mengeluh belum mendapatkan judul penelitian yang sesuai. Mereka lebih mementingkan judul yang pas daripada topik penelitian yang harus jelas mau ke arah mana. Hal ini disebabkan jika judul penelitian telah diketahui, maka penelitian sudah benar-benar dipahami dan tinggal diteruskan. Alasan lainnya karena judul tertulis jelas dan mudah di lihat di cover penelitian. Sedangkan topik penelitian harus berfikir terlebih dahulu sebelum menentukan dan tidak tertulis nyata.

Kriteria Judul Penelitian

Adapun kriteria-kriteria dalam menentukan judul penelitian harus berhubungan dengan hal-hal berikut ini :
 
Singkat, jelas dan berbobot
Judul jangan terlalu panjang, maksimum 15 kata. Judul harus singkat tetapi tetap menggambarkan efektivitas dan efisiensi. 
 
Sesuai dengan topik penelitian
Judul merupakan perwujudan dari topik penelitian agar pembaca dapat mengetahui atau membayangkan isi, teori dan metodelogi yang dipakai dalam penelitian. 
 
Tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku
Judul penelitian tidak boleh provokatif dan bombastis karena judul penelitian berbeda dengan judul di koran atau majalah. Judul tidak boleh bertentangan dengan norma-norma yang berlaku seperti norma agama, budaya, sosial ataupun etika. Misalnya judul mengandung kata tidak sopan atau dilarang., atau bahkan judul yang mengandung unsur penghinaan terhadap kelompok atau agama tertentu. 
 
Tidak provokatif
Judul penelitian hanya merupakan dugaan kemudian diteliti untuk menjawab dugaan tersebut. Penelitian juga harus menjunjung nilai-nilai ilmiah dan tidak memihak atau mengarahkan pembaca 
 
Bukan kalimat tanya
Judul harus merupakan kalimat jelas bukan kalimat tanya yang membuat pembaca bingung dan merasa bahwa si peneliti tidak yakin pada penelitian yang dilakukannya. 

 
Sekian share singkat dari saya. Jika ada masukan, kritik, saran atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Arigatou gozaimasu.

0 Response to "Cara jitu Membuat Judul Penelitian Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi)"

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI