Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Sengon, Tanaman Serba Guna dan Miracle Tree

Paraserianthes falcataria - Jenis tanaman ini termasuk famili Leguminoceae, dan dikenal dengan nama sengon. Sengon merupakan jenis yang paling cepat pertumbuhannya di antara jenis-jenis yang dikenal di dunia saat ini. Setelah berumur 1 tahun tingginya 7 m dan setelah 12 tahun mencapai 39 m dengan diameter batang 60 cm. Batangnya lurus tidak berbanir dengan kayu berwarna putih. Berat jenis kayu sekitar 0,3. Sengon tumbuh baik pada daerah bercurtah hujan 1.500-4.500 mm/th. Ketinggian tempat 0-1200 m dpl. Pada tanah yang kurang subur jenis ini masih dapat tumbuh dengan baik. 

Manfaat Pohon Sengon

Sengon (Paraserianthes falcataria) merupakan tanaman serba guna karena daun, batang kayu hingga perakarannya dapat dimanfaatkan untuk bermacam keperluan dan mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat hingga tercatat didalam Guiness Book of Records sebagai pohon yang pertumbuhannya paling cepat didunia atau disebut juga dengan miracle tree (http://www.worldagroforestrycentre) dan dapat tumbuh pada tanah dengan kondisi keasaman tanah agak masam sampai netral.

Tanaman sengon sangat potensial untuk dipilih sebagai salah satu komoditas tanaman hutan yang memiliki nilai ekologis luas dan ekonomis tinggi karena mulai dari daun hingga perakarannya dapat dimanfaatkan untuk bermacam keperluan. Daun sengon merupakan pakan ternak yang mengandung protein tinggi sedangkan batang kayu sengon dapat digunakan untuk tiang bangunan rumah, papan peti kemas, peti kas, perabotan rumah tangga, pagar, tangkai dan kotak korek api, pulp, kertas dan lain-lain. 
Perakaran sengon banyak mengandung nodul akar (leghaemoglobin) sebagai hasil simbiosis dengan bakteri rhizobium. (http://www.worldagroforestrycentre). Daerah penyebaran sengon cukup luas mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Flores dan Maluku (Charomaini dan Suhaendi, 1997 dalam Krisnawati, et al., 2012). Secara ekologis pohon sengon dapat meningkatkan kualitas lingkungan seperti meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki tata air dan iklim mikro (Anonimous, 1987). Hal ini disebabkan sifat morfologis dari famili legum yaitu memiliki perakaran yang sangat dalam dan serasah daun cepat melapuk.


0 Response to "Sengon, Tanaman Serba Guna dan Miracle Tree "

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI