Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Menulislah Dengan Lebih Serius!!

Keseriusan - dalam menulis harus kita tanamkan keseriusan agar kita mampu melawan hal-hal yang akan mematahkan keinginan untuk menulis. Tidak semua orang mudah dalam menulis, baik tulisan formal maupun non formal seperti artikel media atau berbagai tulisan untuk lomba. Saat pertama kali memulai untuk menulis, banyak di antara kita pasti mengalami kesulitan. Kadang kita merasa malas, tidak bisa, takut, atau pikiran negatif lainnya. Namun hal yang paling riskan adalah kita tidak punya ide untuk menulis bahkan parahnya lagi kita kadang merasa tulisan atau gaya bahasa yang kita tuangkan tidak layak untuk dibaca orang lain alias ANEH.


Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menulis agar lebih serius tanpa harus berpikiran negatif. Hal- hal tersebut di antaranya : 

Tentukan Tujuan dan Motivasi Menulis 

Sebelum menulis, tanyakan terlebih dahulu tujuan dan motivasi menulis pada diri sendiri. Hal ini akan sangat membantu dalam menghadapi tantangan dan hambatan saat menulis. Adanya dasar tujuan dan motivasi akan membantu dalam mengarahkan sesuatu yang akan kita tulis. 

Menulis, Mulailah dari Sekarang 

Jika sudah muncul tujuan dan motivasi menulis, maka lakukan segera, jangan ditunda-tunda. Segera menulis, jangan tunggu nanti atau sampai besok. Saat ini adalah saat yang sangat tepat untuk menulis, jangan sampai ide menulis lenyap begitu saja. Ide ada di mana-mana dan dapat muncul kapan saja. Maka segeralah tangkap ide-ide itu dan tuangkan ke dalam tulisan. 

Coba lagi dan lagi jika gagal 

Menulis tidaklah mudah, kadang hasil yang didapat tidak sesuai seperti yang diharapkan. Tapi, jangan jadikan itu sebagai penghalang dalam menulis. Tidak semua hal dapat berhasil dengan sekali jalan, ada beberapa hal yang harus diulang atau dicoba kembali. Kalian tahu, Thomas Alfa Edison mengulang uji cobanya hingga 6600 kali sebelum dia berhasil menemukan lampu. So, begitu pula dengan menulis, jangan patah semangat hanya karena gagal. Jika gagal maka coba lagi. Menghasilkan tulisan yang baik dan bermanfaat, prosesnya tidak sekali jadi. Memerlukan ketekunan, kerja keras dan terus mencoba serta memperbaiki hal-hal yang menjadi penyebab kegagalan. Intinya jangan mudah menyerah dalam menulis. Hal penting dalam menulis adalah praktek dan proses. 

Menulislah setiap hari 

Praktek menulis harus dilakukan setiap hari. Tidak usah sampai menyita waktu banyak, cukup sishkan beberapa menit setiap harinya. 

Tulisan, Teriakan Pendapat 

Pendapat-pendapat yang ada dikepala teriakkan saja lewat tulisan. Tulisan merupakan jelmaan dari pikiran kita yang kritis. Dengan tulisan kita dapat menyampaikan pendapat dan pemikiran pribadi dengan lebih baik. 

Putarlah Musik 

Memutar musik dapat memperlancar arus ide karena otak kiri bekerja berdasarkan logika dan kanan berdasarkan emosi. Musik dapat menstimulir otak kanan sehingga tulisan kita lebih hidup karena terdapat unsur emosi di dalamnya. 

Bacalah Apa saja 

Penulis yang hebat biasanya adalah jelmaan dari pembaca yang hebat, “lahap” dan “rakus” pula. Tidak ada penulis yang tidak gemar dalam membaca. Jika tidak suka membaca biasanya isi tulisan tidak akan luas dan berkembang. Maka gemarilah membaca dari sekarang., baik itu membaca novel, majalah, buku, karya ilmiah, komik atau apa saja yang disukai dan bermanfaat. Dari membaca kita akan mendapat banyak wawasan tentang kehidupan, penggunaan baha maupun gaya tulisan.

0 Response to "Menulislah Dengan Lebih Serius!! "

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI