Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Mengetahui Gejala dan Pencegahan Konstipasi

Mengetahui Gejala dan Pencegahan Konstipasi - Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan feses menjadi berlebihan, keras, dan sulit untuk dikeluarkan. Konstipasi menyebabkan sakit yang teramat sangat ketika buang air besar dan bahkan dapat menyebabkan kanker usus.


Konstipasi merupakan penyakit yang umum terjadi. Bahkan diduga sekitar 80% penduduk dunia pernah menderita konstipasi. Hal ini dikarenakan pola hidup yang kurang sehat dengan memakan makanan yang kurang serat dan kadang mengabaikan kandungan gizinya. 

Penyebab timbulnya konstipasi adalah kekurangan cairan tubuh yang merupakan gejala utama mengerasnya feses. Panas dalam dan stress juga memicu timbulnya konstipasi. Selain itu, seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji yang diikuti dengan kurangnya asupan makanan kaya serat dan vitamin C membuat penyakit ini timbul.

Gejala konstipasi yang akan timbul untuk setiap orang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap orang punya perbedaan pola hidup, makan, hormon, serta anatomi usus yang berbeda. Akan tetapi, ada gejala yang umumnya terjadi pada kebanyakan orang. Yang pertama adalah rasa bedahh yang dikarenakan menumpuknya feses pada jangka waktu yang sangat lama. 

Hal ini sangat mengganggu karena perut kamu akan membesar dan terkadaang mirip seperti ibu hamil. Kedua adalah tinja yang menjadi keras dan sukit untuk dikeluarkan. Selain iitu, kamu akan merasakan perih dan panas ketika buang air besar. Gangguan lainnya adalah rasa perih di anus karena bergesekan dengan tinja yang keluar. Frekuensi buang air pun menurun, dan meningkatnya frekuensi buang air disertai bau yang amat sangat.

Selain gangguan fisik diatas, penderita konstipasi juga mengalami penderitaan emosional. Diantaranya adalah kurang percaya diri, lebih suka menjauh dari orang lain, dan emosi yang meningkat dengan cepat. Secara psikologis penderita akan merasakan cepat lelah dan ngantuk, kurang bersemangat, dan berkurangnya produktifitas kerja. Beberapa cara untuk menghindari konstipasi adalah sebagai berikut: 

  • Hindari jajan disembarang tempat 
  • Hindari makan makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi 
  • Minum air putih 8 gelas setiap hari dan pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi 
  • Buang air besar secara teratur dan olahraga yang cukup 
  • Cukup serat dan beristirahat denggan tidur minimal 4 jam seharii 
  • Mengonsumsi buah dan olahraga teratur. 

Semoga bermanfaat

0 Response to "Mengetahui Gejala dan Pencegahan Konstipasi"

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI