Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Bunga Angsana Berguguran, Kampus UNS menguning, Indahnya..!

Angsana (Pterocarpus indicus)- Pterocarpus indicus atau yang dikenal dengan pohon angsana merupakan tanaman dengan kayu berkualitas tinggi dari famili legemuminose. Jenis pohon ini banyak di lingkungan kampus UNS. Kebetulan pada bulan-bulan ini, angsana sedang berbunga. Kalian harus tahu bahwa bunga angsana hanya berumur satu hari sehingga jika ada angina sedikit saja maka akan langsung berguguran. Guguran bunga angsana ini membuat kampus ini memiliki fenomena yang unik dan indah.



Keunikan dan keindahan dari fenomena ini membuat tertarik mahasiswa- mahasiswa disini tak terkecuali saya yang hanya sekedar jalan- jalan menikmati pemandangan kampus. Permukaan tanah terlihat seperti permadani berwarna kuning Karena bunga angsana yang gugur. Pohon angsana banyak di taman di sekitar kampus mungkin karena pohon ini dapat dijadikan sebagai pagar hidup, pohon pelindung dan pohon penghias di sepanjang tepi jalan kampus karena tajuknya yang rindang. Selain itu angsana menjadi popular karena perakarannya yang baik dan dapat mengikat nitrogen, mampu membantu memperbaiki kesuburan tanah.

Ternyata Pohon Angsana Berkhasiat

Secara tradisional, pohon ini dapat dijadika sebagai obat tradsional yang berkhasiat. Berikut beberapa bagian pohon yang dapat dijadikan obat berkhasiat :
  • pepagan pohon dapat digunakan sebagai obat diare dan sariawan. Caranya dengan merebus pepagan, kemudian airnya diminum (diare) atau dikumur (sariawan).
  • Dapat pula untuk rambut agar tumbuh lebih baik. Caranya daun pohon angsana direndam, kemudian airnya dipakai saat keramas. Selain itu jika daun muda di layukan atau dikeringkan dapat dijadikan sebagai obat bisul.
  • Ekstrak getah batang angsana dapat pula dijadikan penyembuhan untuk keracunan atau demam. Efek tumbuhan ini mirip dengan tumbuhan gambir, tapi jarang diketahui. Caranya air remasan daun angsana yang dicampur dengan gula aren dapat menyembuhkan demam (diminum 2-3 kali sehari).
Indah seindah cintaku

Solo adalah kota yang selalu saya kunjungi. Disini banyak hal-hal indah terukir. Saat di kota ini, saya selalu menyempatkan datang ke kampus UNS. Yah kampus yang ingin saya jadikan tempat mengabdi pada Negara. Memunculkan sosok-sosok generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Sore ini saya duduk di spot mahasiswa dekat danau. Disini banyak mahasiswa yang duduk-duduk sekedar untuk berkumpul, mengobrol atau mengerjakan tugas kuliah mereka. Saya sendiri pun sedang menunggu Dia pulang sambil mencari inspirasi untuk menulis tesis. Cuaca hari ini sedikit mendung dengan angin yang berhembus cukup kencang. Angin ini membuat bunga-bunga pohon angsana berguguran seperti salju yang jatuh ke lantai kampus. Walaupun inspirasi untuk menyelesaikan tesis tidak ada tetapi tetap tergantikan dengan inspirasi untuk menulis artikel ini.

Artikel ini saya khususkan untuk seseorang yang selalu membuat hati berbunga sama seperti pohon angsana yang berbunga indah. Dia indah dan lembut seperti bunga, indah wajahnya, indah tingkah lakunya dan lembut perkataannya. Seseorang yang membuat saya menjadi pribadi lebih baik lagi. Selalu memberi dukungan untuk menghadapi segala hal yang terjadi.

You are the best for my future. Aishiteru.

0 Response to "Bunga Angsana Berguguran, Kampus UNS menguning, Indahnya..! "

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI