Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Belajar dimana saja, keputusan terserah pada diri sendiri

Tempat Efektif – Belajar dapat kita lakukan dimana saja, sesuai dengan kenyamanan kita dalam belajar. Belajar yang efektif berkaitan dengan pemilihan tempat belajar yang efektif. Tempat belajar efektif akan berpengaruh pada kecepatan kita dalam menyerap sesuatu yang kita pelajari. Berikut beberapa tempat yang dapat kita gunakan sebagai tempat menyelam ke lautan ilmu untuk mendapatkan harta karun berupa pengetahuan dan pengalaman.


Keluarga

Hal yang perlu kita ketahui bahwa keluarga adalah sekolah pertama dan terpenting dalam belajar. Dari keluarga kita mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia nyata yaitu kehidupan. Dasar- dasar pengetahuan kita dapatkan dari keluarga. Ayah dan bunda merupakan guru yang paling berjasa dan hebat, tergantung dari cara mereka mendidik kita. 
 
Orang tua merupakan guru yang paling bertanggung jawab dan mengetahui bagaimana karakter dari masing- masing anaknya. Namun sayangnya, saat ini banyak orang tua sangat sibuk pada pekerjaannya sehingga ilmu dasar yang penting untuk di ajarkan kepada kita sering terlewatkan. Bahkan mereka seringkali acuh pada pendidikan anak Karena merasa telah meyekolahkan anak-anak mereka di lembaga pendidikan terbaik.

Di Jepang terdapat pendidikan yang menarik. Pendidikan ini dikenal dengan istilah Kyoiku Mama. Pendidikan ini memegang dasar pemikiran bahwa sumber daya manusia merupakan hal terpenting untuk mencapai kemajuan bangsa. Sumber daya manusia yang baik akan terbentuk jika karakter manusianya terbentuk dengan baik pula. 
 
Tempat yang paling baik dalam membentuk karakter adalah rumah. Disinilah peran orang tua khususnya ibu mengajarkan disiplin, pengorbanan, kerjasama dan kesederhanaan. Selanjutnya lembaga pendidikan mengajarkan hal- hal secara akademis tanpa harus mengurusi masalah- masalah prilaku anak karena karakter anak telah dibentuk dari rumah atau keluarga mereka.

Lembaga Pendidikan Formal

Pendidikan yang berasal dari lembaga formal diharapkan akan menyempurnakan sumber daya manusia yang tercipta setelah dari keluarga. Dari sini diharapkan anak mendapat pelajaran dan pengajar yang berkualitas. Pelajaran dan pengajar yang berkualitas akan menentukan hasil akhir berupa pengetahuan dan pengalaman si anak. 
 
Oleh karena itu kewajiban bagi pemerintah untuk memastikan semua lembaga pendidikan formal memiliki kualitas untuk dijadikan tumpuan harapan bagi masa depan. Selain itu, adanya pendidikan formal memungkinkan anak untuk berkompetisi dalam hal kemampuan pengetahuan serta mengatrol pengetahuan tersebut. Intinya hal- hal formal dapat di pelajari anak dari lembaga ini selain keluarga.

Buku, Majalah dan Surat Kabar

Sumber lain yang harus dimiliki dalam belajar mencari pengetahuan yaitu buku, majalah dan surat kabar. Dari buku kita mendapatkan pendalaman teori yang lebih baik dibandingkan saat mendengarkan kuliah. Buku juga dapat dijadikan sebagai guru yang paling sabar karena ia rela kita bolak balik sampai lecek karena kita tidak juga kunjung paham. Majalah dan surat kabar merupakan media cetak yang menyediakan berbagai informasi menarik dan terbaru. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kita untuk membacanya. Dalam majalah dan surat kabar tak jarang yang menyajikan informasi terkait tentang ilmu dan pengetahuan.

Radio, Televisi dan Video

Tidak semua orang menyukai membaca, banyak pula yang lebih menyukai mendengarkan untuk mendapatkan pengetahuan. Media audio visual seperti televise, video dan radio jangan hanya dijadikan sebagai hiburan saja. Tetapi tidak ada salahnya jika kita memilih saluran yang bekualitas dengan menampilkan pengetahuan seperti discovery channel, on the spot, CNN atau lain sebagainya. Video saat ini juga tidak kalah efektif. Banyak video yang berkaitan tentang pengetahuan seperti bagaimana cara membuat kompos sekala rumahan, membuat lubang biopori, belajar bahasa asing dan sebagainya.

Internet

Sarana lain yang dapat digunakan yaitu internet. Dengan internet kita dapat menembus ruang dan waktu dalam mencari ilmu pengetahuan. Internet merupakan perpustakaan tanpa batas sehingga dengan mengetikkan kata kuncinya saja kita akan mendapatkan banyak informasi terkait pencarian kita.




0 Response to "Belajar dimana saja, keputusan terserah pada diri sendiri"

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI