Adnow

loading...

Zoteromedia

Adsensecamp

Penyebab Otak Kita Tidak Maksimal

Otak Kita – Hei sobat, jika merasa otak kalian tidak maksimal janganlah berputus asa. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Di sini saya akan menjabarkan beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir otak kita agar tetap cemerlang. Mau tau apa aja? Yuk luangkan waktu kalian sedikit untuk membacanya.


Tidak Sarapan Pagi

Jangan pernah sobat abaikan sarapan pagi karena bagi orang-orang yang tidak sarapan pagi maka akan memiliki kadar gula rendah. Rendahnya kadar gula dalam diri seseorang dapat menyebabkan otak kekurangan gizi untuk menyerap materi pelajaran. Oleh karena itu, orang yang tidak sarapan pagi, kemampuan otak dalam menyerap pengetahuan akan cepat menurun.

Makan Kebanyakan (Kekenyangan)

Nah ini kebalikan dari yang tadi sob, jika makan dengan porsi yang berlebih akan menyebabkan pembuluh darah di otak mengeras. Hal ini akan berakibat pada kekuatan mental menjadi menurun.

Merokok

Rokok dapat menyebabkan otak kita menyusut dan memicu penyakit pikun (Alzheimer). Hal ini dikarenakan sel-sel saraf pada bagian hippocampus dan korteks depan menyusut. Padahal kedua bagian ini memiliki fungsi penting sebagai penyimpan memori.

Konsumsi Gula Berlebih
 
Bagi kalian yang suka makan manis, mulai sekarang harus berhati-hati ya… Gula yang berlebih akan mengganggu proses penyerapan gizi dan protein sehingga tubuh akan mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Kondisi ini akan menghambat perkembangan otak.

Polusi Udara

Otak merupakam organ yang paling banyak memerlukan oksigen dan penyalur energy terbesar bagi tubuh kita. Polusi udara akan mengurangi suplai oksigen yang kita hirup ke otak sehingga dapat mengurangi efisiensi otak dalam bekerja.

Kurang tidur

Otak kita beristirahat pada saat kita tidur. Oleh kaena itu kita harus tidur dalam porsi yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekerungan. Jika kurang tidur terus menerus maka akan mematikan sel otak kita secara perlahan karena otak dipaksa terus bekerja padahal otak butuh istirahat.

Menutup Kepala Saat Tidur

Saat kondisi kepala di tutup maka karbondioksida hasil pernafasan kita akan kembali masuk ke dalam tubuh. Hal ini sangat berbahaya karena adanya peningkatan konsentrasi karbondioksida ke otak.

Memaksakan Diri Saat Sakit

Memaksakan bekerja saat sakit bisa merusak otak. Saat sakit, otak berperan dalam pemulihan tubuh sehingga tidak baik jika otak ditambah lagi dengan pekerjaan yang berat.

Jarang Bicara
Secara tidak langsung, seseorang yang senang mengobrol atau berinterkasi dengan orang lain akan merangsang sel-sel otak agar terus aktif. Apalagi jika percakapan yang dilakukan berisi hal-hal yang bermanfaat (bukan gossip). Jika orang jarang berbicara atau berinteraksi maka sel-sel otaknya tidak akan dipacu untuk bekerja sehingga secara perlahan sel otak akan mati.

Jarang Merangsang Pikiran

Otak harus selalu dirangsang dengan selalu berfikir karena akan terus melatih otak tetap aktif dan terus berkembang. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk tetap membuat otak kita aktif dan berkembang di antaranya membaca, menulis, bermain game yang bermanfaat, diskusi, dan banyak hal positif lainnya.

Yap, itulah beberapa hal yang harus kita hindari dan kita lakukan agar otak kita dapat terus bekerja secara optimal. So manfaatkan segalanya di masa muda sob.

0 Response to "Penyebab Otak Kita Tidak Maksimal"

Posting Komentar

  Yuuk Berbisnis Mudah dan Gratis
Buktikan Sendiri dengan Klik DISINI